Hal-Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Mencari Kerja

Apr 4, 2020 | Tips

Banyak orang sulit menemukan pekerjaan, bahkan bukan hanya lulusan SLTA saja, tingkat Diploma dan Sarjana pun terkadang sering mengeluh akan sulitnya mencari pekerjaan nggak heran banyak orang bilang ”Cari kerja itu susah!” begitu kata sebagian orang yang masih dalam tahap mencari pekerjaan baru. Bahkan tidak sedikit orang yang sudah bekerja ingin mencari pekerjaan baru karena beberapa alasan. Mungkin kamu salah satu dari sekian banyak orang yang saat ini sedang sibuk cari kerja kesana kemari dan belum ada yang merekrutmu.

Tapi gaboleh sedih guys, hidup itu terus berjalan. So, kita harus terus berjuang. Kita ada sedikit tips nih biar kamu ga salah langkah saat mencari pekerjaan.

  1. Cari kerja yang sesuai dengan keahlianmu

Pertama kamu harus tau dulu nih apa keahlianmu. Cocok jadi pekerja atau pencipta lapangan kerja? Kalau kamu sudah “klik” sebagai pekerja sesuaikan lamaran atau CV yang kamu buat dengan posisi yang akan kamu lamar. Ini salah satu faktor penentu penting, agar kamu bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. Perusahaan membutuhkan orang yang sudah cukup mengerti di bidangnya, bukan seseorang yang menghambat work flow mereka.

“loh tapi aku fresh graduate hanya faham ilmu dan belum tau penerapannya?“ jangan khawatir, hal demikian bisa dilatih. Kamu sudah punya ijazah dan dasar ilmunya, jadi untuk penerapan tidak akan sulit untukmu. Akan menjadi penghambat, apabila seorang lulusan akunting, ingin bekerja sebagai IT. Tentu itu bidang yang berbeda. Jangan sampai salah dan asal melamar ya!

  1. Perluas Relasi

Ini sangat menguntungkan bagimu. Jangan menutup diri. Kamu harus mulai menjalin silaturahmi dengan orang-orang penting yang memiliki pekerjaan saat kamu cari kerja. Karena, saat perusahaan sedang membuka lowongan kerja bisa jadi kamu yang lebih dulu tau dan lebih cepat mendapatkan informasi, sehingga tidak menutup kemungkinan kamu direkomendasikan dan besar kemungkinan kamu mengalahkan pesaing-pesaingmu untuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Gali Potensi Diri

Jangan merasa puas dengan keahlianmu saat ini. Cari kerja dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu akan membuka peluang yang lebih besar untukmu. Kamu pun akan merasa nyaman dan percaya diri saat melakukan pekerjaan itu. Namun, dalam bekerja kamu bukan hanya memerlukan skill, kamu juga perlu soft skill (kemampuan sosial, berbicara, mengelola orang, dll) dan hard skill (kemampuan berbahasa asing, teknologi, akademis, dll). Penting bagi kamu mengembangkan kedua tipe skill tersebut, semakin banyak keahlian/kemampuan kamu, maka akan terlihat semakin berharganya kamu di mata HRD.

Saat wawancara jadilah diri kamu sendiri. Pastikan kamu juga sadar apa keinginan dari pihak perusahaan yang ingin di dengar darimu. Jawablah pertanyaan yang ada dengan singkat, padat, dan jelas. Jangan terlalu bertele-tele. Dan jangan terkesan angkuh.

Pihak perusahaan akan menilai dirimu pada tahap wawancara. Jadi, tenang dan tarik nafas, jangan tergesa gesa, dan jadilah diri kamu sendiri. Meskipun jawaban kamu jujur ada hal-hal yang harus kamu kemas sehingga terdengar lebih sopan dan elegan.

0 Comments

Tinggalkan Balasan