Kerja nyaman? Pasti impian semua orang. Anda tentu pernah mendengar “kerja yang menyenangan itu HOBI YANG DI BAYAR” . Sayangnya, di era saat ini mencari kerja bukan hal yang mudah. Jumlah lulusan yang setiap tahun bertambah, namun lapangan pekerjaan semakin sedikit. Banyak tenaga di perusahaan yang kini digantikan dengan tenaga mesin. Akibatnya banyak yang mencari pekerjaan keluar dari jurusan yang mereka tempuh, beruntung bagi mereka yang mempunyai keahlian lain masih bisa mencoba peruntungan di bagian lain. Nah, fatalnya karena tidak punya keahlian, tidak ada pengalaman dan hanya mengandalkan ijazah berakhir dengan banyaknya sarjana nganggur.

Untuk itu ada hal-hal yang perlu perhatikan untuk mengimplementasikan “HOBI YANG DIBAYAR’ ini.

  1. Kenali Diri Sendiri

Manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun kita dilahirkan dari rahim yang sama namun bakat dan kemampuan yang dimiliki pasti berbeda. Dalam satu keluarga mungkin ada yang jago dalam hal menulis, melukis, memasak, berkebun, elektronika, teknologi atau mungkin jago bela diri.

Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang mengetahui keunggulan diri. Sehingga kemampuan dan bakat tidak tersalurkan bahkan cenderung tenggelam. Untuk itu penting untuk mengenali diri sendiri, selain bisa mengasah kemampuan bisa jadi kemampuan kita berpotensi mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

  1. Membuat list apa yang kamu suka

Untuk mengenali diri sendiri bisa juga kita mulai dengan membuat list kegiatan apa yang kita suka. Contoh, bagi mereka yang doyan kuliner bisa mencoba berwisata kuliner sambil “ngevlog” nah siapa tau dari situ bisa jadi food vloger.

Atau bagi yang suka masak bisa memasak sembari membuat tutorial yang bisa di post di akun media sosial, selain bisa bermanfaat bagi orang lain siapa tau bisa dilirik untuk menjadi chef atau mungkin membuka usaha kuliner yang memiliki banyak karyawan.

  1. Mengikuti Kursus atau Pelatihan

Kadang kita menganggap sepele kursus dan pelatihan. Padahal ini penting. Bahkan di anjurkan mengikuti berbagai macam kursus atau pelatihan. Karena lewat kursus ini kemampuan kita pasti bertambah dan benareka ragam. Tentunya akan timbul bakat terpendam yang selama ini kita miliki namun tidak kita sadari.

  1. Jangan Terpengaruh Orang lain

Bukan hal mudah memang berpegang teguh pada satu pekerjaan. Kadang rasa jenuh datang, teman memberi hasutan yang berakhir dengan “ikut-ikutan” dan berakhir dengan penyesalan. Kuncinya harus memiliki pendirian, selalu bersyukur dengan apa yang Anda miliki. Tetaplah fokus pada diri sendiri, karena dengan begitu akan memudahkan Anda menemukan passion yang sesungguhnya. Bekerja tidak sesuai dengan passion memang tidak sepenuhnya buruk. Tetapi kerja sesuai dengan passion merupakan hal yang menyenangkan karena pekerjaan yang paling menyenangkan adalah mengerjakan hobi Anda dan Anda dibayar.

  1. Optimis

Hal yang paling ditakutkan oleh kebanyakan orang dalam hidup ini adalah salah memilih jalan hidup, termasuk pekerjaan. Pengalaman akan menuntun kamu pada sebuah kesuksesan.

Oleh karena itu, Harus optimis, jangan takut salah langkah karena pengalaman adalah pelajaran hidup yang paling berharga, sehingga kamu bisa belajar dari kesalahan dan menentukan pekerjaan lain yang terbaik untuk diri kamu. Mungkin kamu berpikir jika pekerjaan saat ini tidak sesuai dengan minat kamu, padahal bisa jadi hal ini akan membawa kamu pada pekerjaan yang disuka.