Jenuh Saat Bekerja? Berikut Beberapa Tips Ampuh Mengatasinya.

Apr 2, 2020 | Tips

Keseharian yang monoton wajar dapat membuat Anda cepat bosan dan jenuh pada pekerjaan. Hampir semua pegawai pasti pernah merasakan hal yang serupa, jam kerja yang hampir 8 jam setiap harinya menimbulkan efek kejenuhan yang sangat. Kejenuhan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor contohnya waktu kosong yang terlalu banyak karena telah menyelesaikan satu proyek besar, alokasi waktu yang salah, tanggung jawab dan tugas yang tidak berubah, hingga pekerjaan yang terlalu banyak yang membuat sulit fokus. Meski demikian, rasa jenuh itu jangan membuat kamu merasa malas dalam bekerja, apalagi jika memutuskan untuk resign. Hat-hati salah-salah kamu akan menyesalinya di kemudian hari. Jika kamu dalam posisi tersebut, kamu perlu ikuti tips berikut untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja,

  1. Ketahui Penyebab Kejenuhan

Identifikasi apa penyebab kejenuhan dan carilah solusi atas hal tersebut.

Nah, jika bosan dan jenuh tersebut sudah sangat “menganggu” konsentrasi Anda dalam bekerja maka yang perlu Anda lakukan adalah mengeksplor kreativitas yang Anda miliki kemudian diaplikasikan dalam pekerjaan Anda.

Contohnya saja bila Anda bekerja di bagian marketing dan jenuh untuk mengangkat telepon setiap harinya, maka sesekali Anda bisa memberikan ide untuk bekerja di lapangan membuat event tersendiri dengan mengundang para customer atau target calon customer. Selain bisa bertatap langsung dengan para customer tersebut, Anda pun bisa menikmati suasana baru dengan bekerja di luar ruangan.

Mengeksplor kreativitas ini pun bisa dilakukan oleh divisi manapun. Asalkan pihak atasan atau perusahaan tidak keberatan dengan ide kreativitas yang Anda miliki. Dengan begitu mengeksplor kreativitas ini  lambat laun bisa membantu Anda untuk menghilangkan jenuh saat kerja.

Atau bisa juga dengan Mengubah tatanan ruang kerja Anda pun masuk dalam kategori cara menghilangkan jenuh saat kerja. Karena boleh jadi, jenuhnya Anda saat itu dipengaruhi oleh ruang atau meja kerja yang monoton sehingga tidak ada semangat dalam bekerja.

Selain itu bisa jadi ruang kerja Anda yang sempit dipenuhi oleh berkas atau barang-barang yang tidak terpakai sehingga mempengaruhi mood Anda saat bekerja. Jika saat ini, hal-hal tersebut dirasakan oleh Anda dan mengakibatkan jenuh yang berkepanjangan maka solusinya adalah segera untuk mengubah tatanan ruangan Anda

  1. Bersyukur dan Berfikir Positif

Apa yang Anda cari saat lulus kuliah? Sebagian besar jawaban pasti mencari kerja.  Nah, karna Anda sekarang sudah menjadi karyawan, bersyukurlah Anda sudah mendapat pekerjaa. Karena, diluar sana pasti banyak yang kesulitan mencari kerja. Janganlah menganggap jenuh sebagai masalah, tetaplah berpikir positif. Jenuh merupakan hal yang wajar yang akan dialami oleh semua orang khususnya pegawai yang terus bekerja. Berpikirlah positif dan ubahlah kejenuhan menjadi sesuatu yang bermakna.

Bersyukur bahwa banyak orang di luar sana yang mendambakan posisi Anda, pekerjaan yang layak dan penghasilan yang memuaskan. Dengan bersyukur, Anda akan lebih menghargai waktu kerja dan menemukan semangat untuk kembali berusaha.

  1. Ingat Target Karir Anda

Selalu ingat target-target Anda kedepan. Yakinkan dalam hati anda bahwa ini hanya sementara dan ini sebagai batu loncatan untuk anda mencapai target Anda selanjutnya. Semakin baik Anda bekerja target Anda akan segera tercapai.

  1. Ingatlah Kelurga Anda

Saat kejenuhan itu muncul, ingatlah bahwa Anda mempunyai keluarga yang ingin Anda bahagiakan. Mungkin Anda perlu mengingat kembali tujuan utama Anda bekerja bukankah untuk keluarga?

Kinerja yang baik tentu akan meningkatkan penghasilan Anda. Jika Anda terus berkutat dengan kejenuhan akan timbul rasa bosan pada pekerjaan yang harusnya selesai hancur berantakan. Dengan demikian rencana financial keluarga Anda (Misal membeli mobil, jalan-jalan keluar negeri) sulit terwujud.

  1. Mengambil Waktu Cuti

Selain libur akhir pekan, Anda bisa mengambil cuti. Ambilah cuti yang langsung pararel dengan akhir pekan. misalnya ambilah cuti 3 hari dari hari rabu-jumat. Sehingga Anda bisa menghabiskan waktu cuti bersama waktu akhir pekan secara bersamaan.

Cara menghilangkan jenuh saat kerja yang pertama adalah mengambil waktu cuti. Dengan memanfaatkan waktu cuti tersebut untuk travelling, bersantai di rumah bersama keluarga, kumpul dengan sahabat-sahabat, mengeksplor hobi yang Anda sukai, dan lain sebagainya.

Hanya saja untuk mengambil waktu cuti ini hanya bisa dilakukan oleh para karyawan yang sudah setahun lebih bekerja di perusahaan tersebut. Waktu cuti yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan dalam waktu tiga hari ataupun seminggu lamanya.

Namun, penetapan tersebut tergantung kebijakan perusahaan serta jenjang karir dari karyawan tersebut.

Dengan memanfaatkan waktu cuti yang dimiliki bisa menimbulkan efek hilangnya bosan atau jenuh saat bekerja.

Karena itu, ketika Anda cuti sebaiknya matikan telepon seluler Anda atau sesuatu yang berkenaan dengan pekerjaan. Jangan lupa pula ketika akan mengambil cuti, sebaiknya selesaikan dahulu pekerjaan yang telah ditugaskan oleh atasan Anda.

 

Semua Pekerjaan Akan terasa berat dan menyiksa bila tidak dikelola dengan fikiran positif. Hal-hal diatas diharapkan mampu membantu Anda mengatasi kejenuhan yang Anda rasakan.

0 Comments

Tinggalkan Balasan