Pandemi Covid-19 berdampak ke berbagai sektor, Ekonmi salah satunya. Berakibat berbagai perusahaan merumahkan pekerja bahkan ada pula merasakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

PBB memprediksi sebanyak 24 juta orang bakal kehilangan pekerjaan akibat wabah dengan kode Covid-19 ini. Meskti demikian, tidak perlu waswas tidak mendapatkan pekerjaan baru ditengah teror pandemi virus corona. IDN-Times (3/04/20), Berikut 4 tips biar lancar mencari kerja

  1. Bekerja secara remote

Bekerja remote menjadi tren saat-saat pandemi seperti ini. Sistem kerja yang dibuat perusahaan membebaskan untuk bekerja dari mana pun, selama tempat tersebut menunjang pekerjaan anda.

Bekerja remote menjadi hal yang positif saat pandemi ini. Perusahaan menilai mampu bekerja produktif walau tidak berada dikantor.

  1. Melamar kerja dan Interview Online

Mengikuti arahan pemerintah terkait social distancing , sebagian perusahaan melakukan rekruitment secara online menggunakan jasa digital sperti Zoom untuk video Call, Google Hang Out, Doc dan lain-lain. Maka persiapkan diri anda dalam memikat Perekrut secara digital mulai dari resume yang relevan maupun persiapan saat wawancara secara online.

  1. Kembangkan Skill profesional dan Jaringanmu

 

Saat dirumah saja bukan berarti kamu pasrah menunggu panggilan interview. Justru di momen seperti ini menjadi kesempatan mengasah kemampuan profesional kamu dibidang yang sedang diburu, pemerintah telah meluncurkan kartu prakerja untuk mengembangkan skill kemampuanmu, jadi tunggu apa lagi manfaatkan momen ini untuk mengasah skill di prakerja.go.id, bagaimana mendaftarnya ? bagini cara mendaftar kartu prakerja.

Kembangkan jaringanmu, komunikasi dengan kerabat-kerabat alumni atau rekan-rekan kerja terdahulu untuk bertanya mengenai pekerjaan, dan aktiv di media sosial mengenai lowongan pekerjaan.

  1. Selalu aktif mengirim resume ke perusahaan

Dalam wabah virus corona seperti ini perusahaan masih merekrut karyawan kok, jangan hawatir masih banyak perusahaan yang merekrut karyawan secara online. Dan tidak spam ya untuk berlebihan mengirim resume ke perusahaan secara terus menerus.

Nah, itu dia Tips Mencari Kerja di Tengah wabah Virus Corona.